Seputar Dunia dan Akhirat

Seputar Dunia dan Akhirat

Kamis, 31 Maret 2011

Qatar: Kelambanan Liga Arab Sebabkan Serangan Barat di Libya

Qatar: Kelambanan Liga Arab Sebabkan Serangan Barat di Libya

Campur tangan negera-negara barat di Libya setelah Liga Arab, banyak yang anggotanya juga menghadapi pemberontakan, gagal untuk menunaikan tugasnya dalam melindungi warga sipil, emir Qatar mengatakan dalam sebuah wawancara yang disiarkan Kamis kemarin (31/3).

Syaikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani mengatakan kepada televisi Aljazeera, yang berbasis di Doha, bahwa ia berharap 22-anggota Liga Arab sekarang akan berupaya meningkatkan dan memenuhi tanggung jawabnya di tengah-tengah perubahan yang sedang berlangsung yang menyapu wilayah tersebut.

Qatar sendiri telah bergabung dengan serangan udara Barat pimpinan AS untuk menyerang pasukan pemimpin Libya Muammar Gaddafi di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB setelah Liga Arab mendukung sebuah zona larangan terbang di negara itu.

"Penderitaan warga sipil di Libya menyebabkan masyarakat internasional melakukan intervensi, hal itu disebabkan karena kelambanan Liga Arab, yang seharusnya mengambil peran di Libya," kata Syaikh Hamad.

Di London dalam sebuah konferensi internasional tentang konflik Libya Selasa lalu, Menteri Luar Negeri Qatar Hamad Bin Jassem Al-Thani mengatakan bahwa krisis Libya adalah urusan di wilayah ini di mana negara-negara Arab harus memainkan lebih banyak perannya.

Beberapa negara Arab menjauh dari konferensi yang membentuk Libya Kontak Group, dengan pertemuan pertama berlangsung di Qatar. Negara-negara itu termasuk Mesir, di mana demonstran pro-demokrasi memaksa Hosni Mubarak turun dari kekuasaannya pada Februari lalu, dan Aljazair, di mana Presiden Abdelaziz Bouteflika dihadapkan oleh gelombang aksi protes pro-reformasi yang menyebabkan dirinya melarikan diri ke luar negeri.(fq/afp)
sbr: eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar