Seputar Dunia dan Akhirat

Seputar Dunia dan Akhirat

Selasa, 08 Maret 2011

Hasil Polling: AS dan Israel Musuh Utama Rakyat Turki

Hasil Polling: AS dan Israel Musuh Utama Rakyat Turki

Masyarakat Turki menganggap Amerika Serikat dan Israel sebagai musuh utama mereka, menurut hasil jajak pendapat yang terbaru.

Sebanyak 2.000 orang Turki ikut ambil bagian dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh MetroPOLL Strategic and Social Research Center, yang berbasis di Ankara.

Hasil diterbitkan pada tanggal 28 Februari 2011 lalu, Pusat Riset IRIB melaporkan.

Empat puluh dua persen responden memandang Amerika Serikat sebagai musuh nomor satu Turki, dan 23 persen dari mereka memilih Israel sebagai musuh utama bangsa Eurasia.

Enam persen dari mereka yang disurvei mengatakan Yunani adalah musuh utama negara mereka. Empat persen memilih Kurdistan Irak, dan tiga persen memilih Armenia.

Delapan persen responden memilih negara lain sebagai musuh nomor satu Turki, sementara 14 persen tidak memiliki pendapat tentang musuh negara mereka.

Perbedaan Turki dengan Yunani terutama atas kepemilikan beberapa pulau di Laut Mediterania serta isu Siprus. Kedua negara merupakan anggota aliansi NATO.

Orang-orang Turki juga menganggap Kurdistan Irak sebagai ancaman karena dapat membuat preseden bagi orang-orang Kurdi Turki, kata pusat penelitian IRIB tersebut.

Armenia juga menjadi ancaman Turki karena adanya dugaan kasus "Genosida Armenia" selama Perang Dunia I.
Sumber Eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar