Seputar Dunia dan Akhirat

Seputar Dunia dan Akhirat

Selasa, 08 Februari 2011

Otak Besar, Tak Berarti Lebih Pintar

Otak Besar, Tak Berarti Lebih Pintar

Para ilmuwan percaya bahwa manusia telah menjadi lebih pintar dari nenek moyangnya meskipun ukuran otaknya telah berkurang dalam 30.000 tahun terakhir ini. Antropolog menemukan bahwa ukuran otak dalam Homo sapiens yang biasa disebut manusia modern, mengalami penurunan sekitar 10 persen, yaitu dari 1.500 sampai 1.359 sentimeter kubik. Temuan tersebut juga menunjukkan bahwa ukuran otak manusia mengalami penurunan melalui evolusi karena kepadatan penduduk yang semakin meningkat.

"Karena kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, maka otak menjadi lebih kecil karena orang tidak harus menjadi semakin pintar untuk tetap hidup," kata profesor David Geary dari UniversitasMissouri.

Namun, penurunan massa otak tidak berarti bahwa Homo sapiens kurang cerdas daripada nenek moyang mereka, tetapi hal ini menunjukkan bahwa mereka sedang mengembangkan kecerdasan dan keterampilan dalam dimensi baru dan lebih canggih, kata Brian Hare, asisten profesor antropologi di Universitas Duke .

Perkembangan otak juga telah terjadi pada beberapa hewan. walaupun serigala memiliki otak lebih besar dibandingkan dengan kerabat mereka, anjing berperilaku jauh lebih cerdas dan bahkan mirip dengan bayi manusia.

(sydh/press tv.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar